Site menu |
|
|
Section categories |
|
|
DETIK |
|
|
Statistics |
Total online: 15 Guests: 15 Users: 0 |
|
|
| | |
|
Kerja di LSM, Yuk! Rifa Nadia Nurfuadah
PERNAH berpikir untuk bekerja agar bisa memenuhi kepuasan batinmu ketimbang berorientasi pada gaji yang besar? Jika ya, karier di berbagai yayasan dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) sangat tepat untukmu. Umumnya, mereka yang tertarik pada profesi nonprofit ini ingin bekerja di sektor pelayanan masyarakat.
Keuntungan personal dari memilih karier di sektor ini adalah kamu mengetahui dengan pasti apa yang ingin kamu lakukan. Dan tujuan itu, biasanya sesuai dengan misi organisasi nirlaba yang kamu masuki. Sebenarnya, banyak hal seru yang bisa kamu lakukan dengan menjadi pekerja sosial seperti ini seperti dirinci Her Campus, Jumat (30/12/2011).
Penulis proposal
Tiap tahun ada dana cukup besar dari pemerintah maupun perusahaan untuk menyokong berbagai proyek kegiatan. Dana yang bisa didapatkan oleh individu maupun organisasi ini biasanya diberikan tanpa syarat khusus selama ia digunakan untuk membiayai kegiatan yang spesifik.
Nah, di sinilah pentingnya kerja seorang penulis proposal. Dia menjadi perpanjangan mulut seseorang atau organisasi dalam usaha melobi pihak-pihak tertentu untuk membiayai suatu kegiatan.
Penulis proposal biasanya bekerja paruh waktu. Jika kamu memilih profesi ini, kamu akan berkonsultasi dengan berbagai pihak, baik perusahaan maupun yayasan, untuk memfasilitasi kebutuhan mereka, kemudian menulis dokumen proposal untuk didaftarkan. Sebagai penulis proposal, kamu bertanggung jawab mengambil banyak informasi kecil untuk dikembangkan menjadi satu pesan yang persuasif dan utuh untuk pembacanya.
Cocok untuk: penulis yang persuasif dan jernih, individu yang terorganisasi dan berorientasi tujuan, periset yang baik, berdisiplin tinggi, serta terinspirasi meraih dana untuk organisasi nonprofit melalui tulisan.
Koordinator proyek
Organisasi nirlaba biasanya menggunakan event-event khusus untuk menggalang dana. Di saat yang sama, kegiatan tersebut juga membuka kesempatan pihak-pihak yang terlibat untuk mengembangkan jaringan.
Tidak hanya itu, pertemuan antara sebuah perusahaan dengan organisasi nonprofit akan membuka kemungkinan ia menjadi donor tetap, sekaligus membuat publisitas yang baik bagi perusahaan tersebut.
Jadi, jika kamu senang merencanakan dan membuat pesta, maka pekerjaan ini mungkin cocok untukmu. Kamu akan bersemangat mencari sponsor, membuat jadwal, merancang anggaran yang dibutuhkan, bekerja dengan para sukarelawan, mencari tempat yang cocok, memilih makanan yang akan disajikan, serta tentu saja menjadi pemandu pesta.
Cocok untuk: pecinta kegiatan sosial yang memanfaatkan berbagai acara untuk berhubungan dengan orang, berorientasi pada detail, tergorganisasi, mampu mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan, mudah berhubungan dengan orang, dan terinspirasi menggalang dana melalui kegiatan sosial.
Direktur pemasaran
Pemasaran juga menjadi bagian penting bagi keberlangsungan sebuah organisasi nirlaba. Melalui pemasaran, sebuah organisasi akan mampu menyebarkan pandangan mereka. Di berbagai sektor pekerjaan, bidang pemasaran biasanya meliputi public relations, manajemen brand, dan periset pasar.
Sebagai direktur pemasaran pada organisasi nirlaba, kamu akan berwenang pada semua aktivitas pemasaran lembagamu. Kamu akan bekerja untuk menggodok berbagai ide, membuat contoh iklan, memimpin penelitian tentang perkembangan organisasi nirlaba, dan mengembangkan brand yang tepat untuk tempatmu bekerja.
Cocok untuk: komunikator yang baik, individu yang fokus pada gambaran besar, fleksibel, terorganisasi dengan baik, kreatif, tertarik pada perilaku orang lain, analitis, artistik, dan bergairah dalam merangkul semua di sekitarmu untuk mempublikasikan kegiatan organisasi nirlaba.
Spesialis publikasi
Banyak organisasi nirlaba menghabiskan dana cukup signifikan dalam publikasi yang didesain untuk mempromosikan dan membangun kesadaran masyarakat tentang organisasi itu. Publikasi ini biasanya melibatkan poster, spanduk, flyer, newsletter, dan email yang disebar ke masyarakat.
Sebagai spesialis publikasi, kamu akan menghabiskan banyak waktu di depan komputer untuk mengerjakan layout, mendesain, serta membuat mock up atas berbagai materi publikasi. Kamu akan bekerja sama dengan direktur pemasaran untuk merancang identitas organisasimu, sekaligus memilih materi-materi menarik untuk ditampilkan dalam newsletter.
Cocok untuk: penulis yang jernih dan persuasif, kreatif, artistik, berkemampuan baik dengan komputer, mengerti desain grafis dan pemasaran, terorganisasi dengan baik, berorientasi pada detail, pembuat daftar, dan bersemangat menulis tentang apa saja yang sedang terjadi di tempatmu bekerja.
Ahli jejaring sosial online
Jejaring sosial online mampu menumbuhkan dampak sangat besar untuk setiap ide yang disebarkannya. Saat ini, banyak juga organisasi nirlaba yang memanfaatkan media jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Tumblr, dan YouTube, untuk menyebarkan ide perjuangan mereka sekaligus menggalang dana.
Sebagai ahli jejaring sosial online, kamu akan bekerja sama dengan direktur pemasaran dalam menyebarkan ide-ide tempatmu bekerja. Kamu akan menghasibkan waktu di depan komputer untuk berselancar di berbagai akun jejaring sosial online, berkontribusi dalam blog, mengirim newsletter online, serta mendesain iklan online.
Cocok untuk: kamu yang terobsesi dengan jejaring sosial, paham tentang program internet, penulis yang jernih dan persuasif, artistik, gigih, bersedia posting meski di luar jam kerja, dan bergairah menyebarkan ide organisasimu melalui jejaring sosial online.
Sukarelawan
Meski banyak organisasi nirlaba menawarkan pekerjaan tetap dengan gaji yang jelas, mereka juga membuka kesempatan untuk menjadi sukarelawan. Dengan menjadi sukarelawan, kamu akan berkesempatan mengenal dunia organisasi nirlaba, sekaligus merupakan cara yang menyenangkan untuk mengisi waktu luangmu. Sukarelawan juga menjadi motor penggerak sebuah organisasi nirlaba.
Kamu akan mengerjakan apa saja yang dibutuhkan tempatmu bekerja. Kamu mungkin akan melipat pakaian bekas yang akan disumbangkan, mengelem amplop, atau menelepon para calon donor.
Cocok untuk: kamu yang sudah bekerja, menyenangi kesibukan, butuh dimensi baru dalam hidup, bergairah dalam membantu masyarakat, bersedia kerja kasar dan kotor, fleksibel, pekerja keras, berdedikasi tingi, dan bersedia bekerja dengan kompensasi minim demi membuat perubahan di lingkungan sekitarmu.(rfa)
|
Category: PENDIDIKAN | Added by: budi (31.12.2011)
|
Views: 856
| Rating: 0.0/0 |
| |
| | |
|
Login form |
|
|
KOMENTAR |
|
|
OLAHRAGA |
|
|
BERITA TERKINI |
|
|
|