Main
 
BUDI SANTOSOFriday, 29.03.2024, 5:17:12 AM



Welcome Guest | RSS
Main
Site menu

Section categories
BERITA SERBA SERBI
BERITA UMUM
BERITA UNIK,LUCU DAN ANEH
BERITA YANG UNIK DAN YANG ANEH
EKONOMI DAN BISNIS
EKONOMI DAN BISNIS
BERITA POLITIK, HUKUM DAN KRIMINAL
BERITA POLITIK, HUKUM DAN KRIMINAL
SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN
BERITA SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN
MP3
Kumpulan MP3
SENI DAN BUDAYA
SENI DAN BUDAYA
GAME
KATA - KATA MUTIARA
FILM
PUISI DAN PANTUN

DETIK

Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0

Main » 2011 » November » 27 » Usia 10 Tahun, Kok Jembatan Kutai Kartanegara Sudah Roboh? Ahmad Dani - Okezone
9:57:44 AM
Usia 10 Tahun, Kok Jembatan Kutai Kartanegara Sudah Roboh? Ahmad Dani - Okezone





jembatan Kutai Kartanegara (foto:pembaca okezone)
jembatan Kutai Kartanegara (foto:pembaca okezone)




JAKARTA- Jembatan Kutai Kartanegara yang
menghubungkan kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang
ambruk, Minggu 26 November 2011. Data Wikipedia mencatat jembatan
sepanjang 710 meter itu selesai dibangun sekira tahun 2001, dan baru
diresmikan tahun pada tahun 2003.

Lantas, mengapa jembatan yang berusia sekira 10 tahun itu bisa ambruk?

Menurut
KH. Aus Hidayat Nur, anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Kalimantan
Timur,  kontur tanah di Kalimantan Timur pada umumnya labil. "Dahulunya
tanah gambut, maka jalan-jalan di Kaltim mudah rusak. Biasanya pemda
membuat kerangka jalan itu dengan kayu balam sejenis kayu yang jika
berada dalam tanah atau rawa jadi makin kuat,” kata Aus Hidayat dalam
keterangannya, Minggu (27/11/2011).

Dipaparkannya, rumah-rumah
yang ada di Kalimantan Timur juga umumnya menggunakan rangka pondasi
menggunakan kayu balam. "Sehingga di Kaltim sangat jarang bangunan
melebihi 5 tingkat. Ongkos membangun juga mahal!,” katanya.

Di
Tenggarong, kata Aus membuat jembatan pasti perlu fondasi yang lebih
kokoh. "Perlu dipertanyakan apakah sudah sesuai dengan bestek atau
tidak, karena usia jembatan itu baru 10 tahun kok sudah roboh, mengapa
pula tidak terdeteksi sebelumnya,” katanya.

Bila faktor tanah
labil itu, yang menjadi sebab runtuhnya jembatan Kutai kartanegara, maka
seharusnya jembatan-jembatan lain juga harus diperiksa. "Terutama
jembatan Mahakam Ulu - Samarinda seberang yang digunakan sejak 1986
karena dari penampilannya saja sudah sangat mengkhawatirkan. Di jembatan
tersebut kendaraan hampir selalu merayap karena sangat padat. Terkadang
polisi memberlakukan buka tutup untuk memperlancar arus kendaraan,”
katanya.

Sementara itu, dari informasi yang diperoleh okezone,
Jembatan Kutai Kartanegara sebenarnya sedang dalam tahap perbaikan.
Dijadwalkan perbaikan dilakukan November 2011 dan diperkirakan rampung
pada Desember 2011.

Anggaran untuk perbaikan itu mencapai sekira
Rp2,9 miliar. Dana rehabilitasi jembatan Kutai Kartanegara itu diambil
dari APBD Kabupaten Kutai Kartanegara. Perusahaan yang akan melakukan
tender tersebut adalah PT Bukaka dari Jakarta.

Sejak
rehabilitasi dimulai pada 17 November 2011 lalu, pihak kontraktor memang
sengaja tak menutup jembatan tersebut saat direhabilitasi. "Untuk
merehab jembatan Kukar ini, masyarakat pernah diimbau jangan takut tak
bisa menggunakan jembatan, karena PT Bukaka menggunakan alat-alat
canggih,” kata sumber tersebut.

Oleh sebab itu Jembatan tak
direhab dengan menutup jalan hingga jembatan Kutai Kartanegara itu roboh
dan menelan korban jiwa.

(ugo)


Category: SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN | Views: 835 | Added by: budi | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
Login form

KOMENTAR

OLAHRAGA

PENGUNJUNG

Calendar
«  November 2011  »
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930

Entries archive

BERITA TERKINI


Copyright MyCorp © 2024